ARSITEKTUR HARDWARE TRADISIONAL
![]() |
Arsitektur Hardware |
Ø Arsitektur
perangkat keras komputer tradisional terdiri dari empat komponen utama yaitu
1) "Prosesor",
2) "Memori
Penyimpanan",
3) "Masukan"
(Input), dan
4) "Keluaran"
(Output).
Ø Model
tradisional tersebut sering dikenal dengan nama arsitektur von Neumann.
Ø Pada
saat awal, komputer berukuran sangat besar sehingga komponen-komponennya dapat
memenuhi sebuah ruangan yang sangat besar.
Ø Sang
pengguna -- menjadi programer yang sekali gus merangkap menjadi menjadi
operator komputer -- juga bekerja di dalam ruang komputer tersebut.
Arsitektur Komputer adalah perangkat yang dipakai untuk
pengolah data sesuai dengan perintah-perintah yang diberikan. Kata komputer
sebenarnya berasal dari orang yang pekerjaannya melakukan perhitungan
aritmatika. Tetapi sekarang ini komputer modern bisa dipakai untuk berbagai
keperluan, tidak hanya melakukan perhitungan saja, melainkan melakukan berbagai
tugas yang berat termasuk bisa juga digunakan untuk permainan.
Pada pembahasan kali ini, kami akan menjelaskan tentang
arsitektur komputer. Di antaranya adalah konsep arsitektur komputer,
klasifikasi arsitektur komputer, berbagai bagian arsitektur komputer, cara
transformasi arsitektur komputer, dan faktor-faktor yang mempengaruhi
arsitektur komputer melalui pembahasan yang lengkap dan mudah dipahami. Untuk
lebih jelasnya, silakan simak komentar di bawah ini dengan cermat.
Arsitektur komputer menekankan pada konsep sistem
komputer, dan implementasi rencana akan fokus pada setiap bagian terutama
pekerjaan CPU, cara mengakses data dan alamat dari RAM dan cache, cache dan
lain sebagainya. Dalam arsitektur komputer, atribut sistem komputer dipelajari,
yang secara langsung mempengaruhi eksekusi logika program.
Bangunan Von Neumann adalah salah satu jenis arsitektur
paling populer yang diciptakan oleh John Von Neumann dari tahun 1930 sampai
1957.
Artikel ini dibuat
sebagai tugas kuliah sebagaimana yang tertuang dalam
Tidak ada komentar:
Posting Komentar