Senin, 17 Oktober 2022

Ruang Lingkup dan Definisi TI Oleh Suffi Shafaryani


RESUME RUANG LINGKUP DAN DEFINISI TI

A.TEKNOLOGI INFORMASI

Adalah teknologi (pemanfaatannya) yg berhub.dg masalah informasi ditinjau dari segala aspek mulai dari pengumpulan data, penyimpanan data,pengolahan data menjadi informasi , s/d proses penyampaian informasi kpd orang yg membutuhkan.

Sejarah perkembangan komputer

1.Sebelum tahun 1940

a.       ABACUS yaitu melakukan perhitungan dg biji2an yg teratur

b.      KALKULATOR RODA NUMERIK, ditemukan o/  BLAISE PASCAL pd th 1692. Sistem kerjanya  menggunakan 8 roda putar bergerigi utk  menjumlahkan bil. Hingga 8 digit.Alat hitung bil. Berbasis 10.Kelemahannya terbatas u/ melakukan penjumlahan.

c.       KALKULATOR RODA NUMERIK 2, ditemukan o/ GOLTFRED WILHEMVON LEIBNIS PD TH 1694.Sistem kerjanya sama dengan roda2 bergerigi namun dlm mesinnya dpt mengalikan bilangan.

d.      KALKULATOR MEKANIK, ditemukan o/  CHARLES XAVIER THOMAS  DE COLMAR. Sistem kerjanya  dpt melakukan penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian.

2.Setelah tahun 1960 dibagi mjd 6 yaitu :

a)  Generasi pertama (1946-1959)

1.sirkuitnya dg VAKUM TUBE

2.Program dibuat dg bhs mesin ASSEMBLER

3.Ukuran fisik komputer sangat besar

4.Cepat panas

5.proses kurang cepat

6.Kapasitas penyimpanan kecil

7.Memerlukan daya listrik yg besar

8.Orientasi pd aplikasi bisnis

b)  Generasi kedua (1959-1964)

1.Sirkuitnya berupa transistor

2.Program dpt dibuat dg bhs tinggi : COBOL,FORTRAN,ALGOL

3.Kapasitas memori utama besar

4.Proses operasi cepat

5.Memubutuhkan daya listrik sedikit

6.Berorientasi pd bisnis dan teknik

c)  Generasi ketiga (1964-1970)

1.Komponen berupa IC (INTEGRATED CIRCUIT)

2.Proses lebih cepat

3.Kapasitas Memori lebih tinggi

4.hemat listrik

5.Btk fisik lebih kecil

6.Banyak muncul aplikasi softwere.

d)  Generasi keempat

1.Menggunakan LSI (LARGE SCALE INTEGRATION)

2.Menggunakan komputer micro yaitu mmicroprocessor & semiconductor.yg berbtk chip u/      Memori komputer.

e) Generasi kelima ( 1990 an )

1. Menggunakan  Intelegensi Manusia

2. Disebut generasi Pentium

F) Generasi keenam ( abad 21 ) yaitu generasi masa depan yg dikenal dengan nama generasi Titanium.


TEKNOLOGI Adalah

- ilmu yang berkaitan dengan seni atau sains

dengan pengaplikasian pengetahuan saintifik ke

praktis

- aplikasi praktis dari sains dalam industri atau

bisnis, pendidikan

 

TEKNIK INFORMATIKA

- Masa lalu: goresan/gambar, alat hitung, arsip, telegraf, ...

- Masa kini: komputer, faks, telekonferensi, ..

Mengapa informasi diperlukan ?

Alat komunikasi: sinyl [asap, lampu], kode [Morse, gerak tubuh, .]

dasar pengambilan keputusan

- Kegembiraan

• Informasi apa ?

Segala jenis ?

Khusus > tergantung: posisi, situasi, kondisi, relasi, ...

 

Apa yang Membuat Informasi Berguna?

• Akurasi

• Lengkap

• Fleksibel

• Dapat dipercaya

• Berhubungan

• Mudah diakses

• Berdasarkan fakta

Tepat waktu

Tidak terkontaminasi


• Perolehan informasi melalui:

- Pustaka [ilmiah, semi-ilmiah, populer]

- Media massa [cetak, radio, TV]

- Lisan [wawancara, telepon]

-Tulisan [surat, fax]

Perangkat bantu

- Manual [pensil/pena + kertas]

- Mesin mekanis [mesin tik]

- Alat telekomunikasi

- Alat elektronis [komputer]


SISTEM KOMPUTER

Adalah jaringan elemen2 yg saling berhubungan membtk suatu kesatuan yg melakukan tujuan yg sama.

SISTEM KOMPUTER DIBAGI MJD 3, YAITU:

1.HARDWARE (per. Keras) : yg dpt dilihat dan diterjamah.

2.SOFTWARE ( per. Lunak) : program yg berisi perintah u/ melakukan pengolahan data.

3. BRAINWARE (USER) : Manusia yg terlibat dlm pengolahn sistem komputer.

A)     HARDWARE dibagi mjd 3 yaitu

1.        Alat INPUT : alat masukan komputer  yg dpt digunakan u/  mamsukan  data gbr, text,suara,audio maupun video. Ex: mouse, keyboard, scaner,webcam,dll.

2.       PROSES : alat dari komputer yg dpt digunakan u/ memproses data. Ex : soundcard yg digunakan sbg sirkuit  u/ pengolahan suara.

3.       OUTPUT : alat yg digunakan u/ mengeluarkan data  baik itu data gbr, text, suara dll.Ex : monitor, printer, speaker dll.

B)     SOFTWARE dibagi mjd 3 yaitu :

1.        Bahasa Pemograman : suatu program yg digunkan un para pembuat program u/ membuat program aplikasi lain. Ex : BASIC, PASCAL, BAHASA C dll.

2.       OPERATING SYSTEM (SISTEM OPERASI ) : program pengendali semua kegiatan komputer.Ex : DOS, WINDOWS, LINUX, UNIX dll.

3.       PROGRAM APLIKASI : program yg sudah jadi dan dpt digunakan  u/ aplikasi tertentu.. Ex :1. Pengolah kata (WORD PROSESSOR ) : Microsoft word 2. Pengolah angka ( SPREADSHEET) :Microsoft Excel 3. Pengolah Data (DATABASE) : Microsoft Acces 4. Pengolah gambar : photoshop, coreldraw,dll.

C)      BRAINWARE dibagi mjd 3 yaitu :

1.        ANALIS : orang yg menggunakan program khusus u/ menganalisa sutu manajemen yg komplek.

2.       PROGRAMER : orang yg menenmukan dan menciptakan suatu program dengan menggunakan bhs pemograman. Spt : bahasa c, pascal dll.

3.       OPERATOR/USER : orang yg menggunakan  program2 aplikasi dl memasukan data, mengolah dan mencetak hasilnya.

 SISTEM OPERASI

Adalah perangkat lunak sistem yg bertugas u/ melakukan kontrol manajemen perangkat keras serta  operasi2  dasar sistem , termasuk menjalankan software aplikasi spt program2 pengolah kata dan browser  web.

Sistem Operasi scr umum terdiri dari beberapa bag. :

1.Mekanisme Boot : meletakan kernel ke dalam memori kernel, kernel dpt dikatakan sbg inti dari sistem operasi.

2. Command Interpreter atau Shell, bertugas u/ membaca input berupa perintah dan menyediakan beberapa fungsi standar dan dasar yg dpt dipanggil o/ aplikasi/program maupun piranti lunak lain. Cth  dari shell adl : * Command Prompt pd windows XP ( DOS PD WINDOWS 98) dan konsole  di Mesin linux ( Unix)

3.Driver  , u/ berinteraksi  dg hardware sekaligus mengontrol kinerja hardware.

4. Resort Allocator, Sistem Operasi bertugas u/  mengatur dan mngalokasikan sumber.

5. Handler , handler berperan dlm mengendalikan sistem perangkat agar terhindar dari kekeliruan (eror) dan penggunaan sumber daya yg tdk perlu.

PPT TI - SUFFI (2203015003)

Artikel ini dibuat sebagai tugas kuliah  sebagaimana yang tertuang dalam

Online Learning Uhamka


 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar